Laptop Layar Besar atau Kecil?

Ukuran layar laptop bermacam-macam, mulai dari yang kecil hingga besar. Menurut direktur marketing research untukDisplay Search John Jacobs, seperti dilansir eHow, ukuran layar menjadi salah satu pertimbangan besar saat orang membeli laptop atau smartphone. Memilih besarnya laptop tidak hanya soal ‘lebih besar lebih baik’, tapi juga berdasarkan kebutuhan. Mana lebih baik, laptop ukuran besar atau kecil? Ketahui dulu beberapa faktor berikut ini.

1. Mobilitas
Untuk soal ukuran layar, lebih besar/kecil satu atau dua inci bisa memberikan perbedaan yang besar dalam hal portabilitas. Sebagai contoh, laptop ‘A’ dan laptop ‘B’ memiliki spesifikasi yang mirip. Namun laptop ‘A’ memiliki layar 15,6 inci sementara laptop ‘B’ punya layar selebar 17,3 inci. Besarnya layar mungkin tidak terlihat jauh berbeda, tapi jika digabungkan dengan charger, mouse dan perlengkapan lainnya dan dibawa dalam satu tas, perbedaan berat akan terasa antara laptop satu dengan laptop yang lain. Layar yang lebih kecil tentu saja akan lebih ringan dibandingkan laptop berlayar besar. Jika Anda adalah seseorang yang mobile dan harus membawa ‘pekerjaan’ ke mana-mana, sebaiknya tidak memilih laptop dengan layar besar karena bisa menyebabkan cedera pada bahu.

2. Resolusi

Resolusi layar ditentukan dari jumlah piksel, panjang dan tinggi. Resolusi layar yang lebih tinggi akan menyajikan kualitas gambar lebih tajam. Hal ini penting jika Anda menggunakan laptop untuk menonton film, bermain games atau mengedit foto setiap hari. Layar laptop yang besar umumnya punya resolusi yang lebih tinggi dan bisa mengakomodasi jarak pandang yang lebih panjang dibandingkan layar lebih kecil dengan resolusi yang sama. Artinya, saat menonton film atau main games dari layar yang kecil, otomatis Anda harus duduk lebih dekat ke komputer agar lebih jelas. Tapi dengan layar lebih lebar, Anda tidak harus duduk terlalu dekat dari komputer. Sekali lagi, hal itu kembali ke kebutuhan masing-masing.

3. Aspek Rasio
Kebanyakan produk laptop dan PC saat ini dilengkapi dengan multimedia viewing yang hadir dalam berbagai rasiowide-screen. Biasa diukur dalam rasio 16-to-9 atau 4-to-3. Jika Anda sering main video game di laptop, layar dengan rasio 16-9 menyajikan gambar yang lebih bagus. Namun besarnya rasio juga berpengaruh pada ukuran layar dan biasanya membuat layar lebih besar hingga 25 persen. Hal itu tentu saja kurang cocok jika Anda seorang pebisnis atau pekerja kantoran yang memerlukan laptop dengan desain praktis dan ringan. Pilihlah layar dengan aspek rasio 4-3 untuk memudahkan membuat dokumen dan presentasi menggunakan proyektor layar.

4. Konsumsi Tenaga
Layar yang lebih besar akan menggunakan daya yang lebih banyak pula. Hal ini memengaruhi daya tahan baterai dan konsumsi energi. Laptop dengan layar 17,3 inci biasanya bisa bertahan maksimum tiga jam dan menggunakan suplai listrik 90 watt. Sementara laptop dengan ukuran layar 15,6 inci umumnya memiliki ketahanan baterai 4,5 jam dan hanya memakan daya listrik 65 watt. Bila Anda harus bekerja dengan laptop di luar kantor dalam waktu lama, maka pilihlah layar yang lebih kecil.

Sumber : Detik

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Design: NewWpThemes | Powered By Medical Tourism
eXTReMe Tracker